• Beranda
  • Artikel
  • Mau Mengurus Pembebasan PBB-P2 Secara Online? Ini Tata Caranya

Mau Mengurus Pembebasan PBB-P2 Secara Online? Ini Tata Caranya

06 Februari 2023

Seiring dengan perkembangan teknologi dan dalam rangka menyederhanakan proses dan keamanan transaksi pembayaran, pelaporan, pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan secara online. Termasuk dengan Pembebasan PBB yang saat ini dapat dilakukan secara online melalui SIM-PBB.

Perlu wajib pajak ketahui bahwa Pembebasan PBB yang dimaksudkan ini di dasarkan dan mengacu pada Peraturan Gubernur 19 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 42 Tahun 2019 Tentang Pembebasan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan Kepada Guru Dan Tenaga Kependidikan, Dosen Dan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi, Veteran Republik Indonesia, Perintis Kemerdekaan, Penerima Gelar Pahlawan Nasional, Penerima Tanda Kehormatan, Mantan Presiden Dan Mantan Wakil Presiden, Mantan Gubernur Dan Mantan Wakil Gubernur, Purnawirawan Tentara Nasional Indonesia/Kepolisian Republik Indonesia Dan Pensiunan Pegawai Negeri Sipil.


Pembebasan PBB merupakan modul atau bagian dari fitu yang ada di SIM-PBB untuk mempermudah wajib pajak untuk melakukan Pengurangan PBB secara online tanpa harus datang ke kantor pajak secara langsung.
Bagaimana Cara Menggunakan SIM-PBB
Sebelum mengakses fitur permohonan Pembebasan PBB, wajib pajak diharapkan terlebih dahulu masuk ke sistem pajak online dengan cara berikut ini:
1. Akses Aplikasi Pajak Online pada Web Browser di URL https://pajakonline.jakarta.go.id/login
2. Tampil Halaman Pengguna Login Aplikasi Pajak Online, login sebagai Akun Wajib Pajak, masukkan Username/email dan Password akun Wajib Pajak dan tekan tombol Masuk.

3. Apabila Username/email dan Password sesuai, akan tampil Halaman Dashboard Aplikasi Pajak Online.