• Beranda
  • Berita
  • Dispenda Sulawesi Utara Pelajari Sistem Pajak Online Jakarta

Dispenda Sulawesi Utara Pelajari Sistem Pajak Online Jakarta

18 Mei 2016
[caption id="attachment_375156" align="alignleft" width="276"]Penyerahan plakat Penyerahan plakat Kepala UPTD Manado, Ocvy T. B. Leke ke Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi (PPLI), Erma Sulistiangsih[/caption]

Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pelayanan Pajak Provinis DKI Jakarta, Senin (7/3). Kunjungan dilakukan dalam rangka koordinasi dan komparasi sistem pengelolaan samsat online di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

Kedatangan rombongan yang berjumlah 1 kepala UPTD Manado, Ocvy T. B. Leke dan 2 orang pegawai diterima oleh terima oleh Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi (PPLI), Erma Sulistiangsih di Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta. Kepala Unit PPLI, Erma Sulistiangsih menjelaskan tentang jumlah kendaraan bermotor di wilayah DKI Jakarta sampai saat ini mencapai 10.5 juta kendaraan, maka dari itu pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui pembayaran elektronik sebagai sebuah jawaban dalam rangka percepatan proses layanan pajak kendaraan bermotor.

Bahwa tujuan dibentuknya e-SAMSAT yaitu memberikan alternatif pilihan kepada masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor disamping layanan-layanan yang sudah ada serta memudahkan masyarakat wajib melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) atau pengesahan STNK setiap tahun.

"Terkait penagihan aktif terhadap piutang pajak kendaraan bermotor di Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta, telah dilakukan pelimpahan data-data Belum Daftar Ulang (BDU) pajak kendaraan bermotor dari SAMSAT masing-masing wilayah ke Unit Pelayanan Pajak Daerah per wilayah kecamatan untuk dilakukan pengihan aktif atas tunggakan PKB tersebut," katanya.

Mantan pebulutangkis dunia era 90-an ini juga menjelaskan telah beroperasinya pelayanan SAMSAT di wilayah kecamatan. Untuk sementara berada di 5 (lima) kecamatan masing-masing wilayah yaitu: Kecamatan Kemayoran, Kecamatan Pasar Minggu, Kecamatan Kebon Jeruk, Kecamatan Pulogadung dan kecamatan penjaringan khusus untuk pelayuanan perpajangan PKB.

"Pajak Online yang dikelola sendiri oleh Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta guna memudahkan semua pelayanan pajak daerah secara online yang bisa diakses oleh wajib pajak melalui website kita di Pajak Online," tutupnya. (Anis/Pohan)

Dengan sistem online pajak ini, masyarakat dimudahkan membayar pajak itu tidak harus meluangkan waktu khusus untuk pergi ke bank sehingga dapat mengganggu aktifitas lainnya. Cukup menggunakan e-banking yang terkoneksi di handphone, warga bisa menyetorkan pajak dengan mudah. Ini bentuk pelayanan Pemprov DKI menerapkan sistem online pajak dalam melayani masyarakat mengingat tuntutan kesibukan yang begitu tinggi dan padatnya lalu lintas di Ibukota sehingga dengan sistem online yang tidak mengenal waktu dan ruang, warga bisa membayarkan pajak tepat waktu
335px-North_Sulawesi_Emblem.svgProvinsi Sulawesi Utara terletak di ujung utara Pulau Sulawesi dengan Ibu kota terletak di kota Manado. Provinsi ini di sebelah selatan berbatasan dengan provinsi Gorontalo yang merupakan hasil pemekaran wilayah dari provinsi Sulawesi Utara. Sementara kepulauan Sangihe dan Talaud merupakan bagian utara dari provinsi ini merupakan berbatasan dengan Davao del Sur di negara Filipina.

Secara fisiografis, wilayah Provinsi Sulawesi Utara dapat dikelompokkan dalam dua zona: zona selatan dan zona utara. Dataran rendah, dan dataran tinggi pada bagian selatan (dari Bolaang hingga Minahasa Utara) memiliki tanah yang cukup subur. Pada bagian utara (dari Pulau Miangas, Sangihe, hingga Pulau Siau) kepulauan.

Terbentang rangkaian pegunungan berapi: Di Minahasa Tenggara terdapat Gunung Soputan. Di Kota Tomohon tedapat Gunung Lokon, Di Pulau Siau tedapat Gunung Karangetang. Sedangkan di Minahasa Utara terdapat gunung tertinggi yaitu Gunung Klabat di Kota Airmadidi gunung tersebut sudah lama tidak aktif, di puncaknya terdapat Danau.

800px-Stamps_of_Indonesia,_052-10 Seni Dan Budaya Sulawesi Utara

Tari Perang Adat Minahasa, Tari Kabasaran Kabasaran adalah Tarian adat yang kebanyakan dibawakan oleh pria lengkap dengan senjata tajam berupa pedang atau tombak ini, sangat identik dengan gerakan yang meniru perkelahian ayam jantan.

Tari Maengket

Tari maengket adalah seni tarian rakyat Minahasa di Kota Manado yang merupakan tarian dan disertai nyanyian dengan diiringi gendang atau tambur.

TAGS: