• Beranda
  • Berita
  • Kajian Pengembangan Organisasi Dispenda Kota Bitung

Kajian Pengembangan Organisasi Dispenda Kota Bitung

24 Mei 2016
[caption id="attachment_375072" align="alignleft" width="250"]Sekretaris DPP Made Suarjaya menerima Sekretaris Dispenda Bitung Pingkan Kapoh Sekretaris DPP Made Suarjaya menerima Sekretaris Dispenda Bitung Pingkan Kapoh[/caption]

Kunjungan kerja Dinas Pendapatan Daerah Kota Bitung di Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta (02/03/2016) dalam rangka konsultasi rencana pembentukan Unit Pelayanan Pajak Daerah di Kota Bitung. Kunjungan kerja dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah Kota Bitung Ibu Pingkan Kapoh, dan diterima oleh Sekretaris Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta Bapak Made Suarjaya. Kunjungan ini merupakan kunjungan yang kedua tahun ini setelah kedatangan yang pertama pada tanggal 18 Januari lalu.

Acara diawali dengan perkenalan dan penyampaian maksud dan tujuan kunjungan kerja, dilanjutkan penyampaian sekilas tentang Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta oleh pimpinan rapat dan penyampaian paparan tentang Penataan Kelembagaan oleh Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi.

Dalam diskusi disampaikan rencana pembentukan Unit Pelayanan Pajak Daerah di Kota Bitung dalam rangka intensifikasi penanganan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan yang penempatannya untuk di suatu kecamatan yang berada di pulau dan di gunung. Menanggapi rencana tersebut pimpinan rapat menyampaikan bahwa dalam pembentukan suatu Unit Pelayanan Teknis (UPT) perlu suatu tahapan kajian terlebih dahulu, disamping itu harus dipersiapkan juga antara lain :

  1. Pembuatan peraturan terkait dengan pembentukan UPT
  2. Melakukan pengadaan sarana dan prasarana UPT
  3. Mempersiapkan personil (sumber daya manusia) sebagai pelaksananya.

Pimpinan rapat menambahkan jika pembentukan UPT tersebut hanya untuk meningkatkan pelayanan perpajakan khususnya PBB, dalam rangka efisiensi anggaran disarankan dapat dibentuk setingkat Kepala Seksi Kecamatan yang didapat menangani pelayanan PBB.

[caption id="attachment_375069" align="alignleft" width="250"]Kunjungan Dispenda Bitung Ke UPPD Gambir Kunjungan Dispenda Bitung Ke UPPD Gambir[/caption]

Kunjungan Kerja Dispenda Kota Belitung dilanjutkan dengan berkunjung ke UPPD Gambir. UPPD Gambir dijadikan percontohan bagi Dispenda Kota Bitung yang berencana untuk membentuk Unit Pelayanan Pajak Daerah tingkat Kecamatan di Kota Bitung.

Perekonomian Kota Bitung didominasi oleh sektor pertanian dan perkebunan. Namun dalam perkembangannya sektor industri ternyata berkembang cukup pesat dan mencapai nilai tertinggi. Bertumbuhnya sektor industri sangat membantu perekonomian terutama dengan meluasnya kesempatan kerja. Bertambahnya perusahaan industri juga meningkatkan kesejahteraan penduduk terutama dengan terserapnya tenaga kerja meningkat dari tahun sebelumnya. Begitu juga dari sisi kapital di mana peningkatan jumlah perusahaan ini diikuti pula dengan peningkatan nilai investasi dibandingkan tahun sebelumnya.

Sektor angkutan dan komunikasi memberikan kontribusi paling besar dalam perekonomian di Kota Bitung. Industri di Kota bitung di dominasi oleh industri perikanan, galangan kapal dan industri minyak kelapa. Disamping itu juga ada industri transportasi laut, makanan, baja, industri menengah dan kecil. (Jum)

[caption id="attachment_375067" align="alignleft" width="250"]Pelabuhan Kota Bitung Pelabuhan Kota Bitung[/caption]
TAGS: