background

Kedubes Hongaria kunjungan ke DPP

Pelayanan Terpadu
Diperbaharui: 5 years ago Oleh: Bapenda Dev

Kedubes Hongaria kunjungan ke DPP

[caption id="attachment_375427" align="alignleft" width="250"]Kunjungan Kedubes Hongaria tentang Online System Kunjungan Kedubes Hongaria tentang Online System[/caption]

Kedutaan Besar Hongaria (Hungary) melakukan kunjungan ke Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI, Abdul Muis 66 Jakarta pada hari Rabu tanggal 27 April 2016. Mewakili Kepala Dinas rombongan diterima oleh Ibu Ir. Dewi Mustika Tafal, Kepala Bidang Teknologi Informasi Pajak Daerah dan Ibu Erma Sulistianingsih Kepala Humas DPP beserta jajaran DPP lainnya di Ruang Rapim DPP di lantai 12. Maksud dan tujuan adalah membicarakan tentang penerapan pajak online di Jakarta.

Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta telah merintis pemungutan pajak melalui Online System sejak tahun 2008, menggunakan alat bernama black box dilokasi objek pajak Hotel, Hiburan, Restoran dan Parkir untuk mencatat seluruh data transaksi, kemudian setelah dilakukan pengolahan data oleh vendor lalu diserahkan kepada Dinas Pelayanan Pajak melalui jaringan mobile.

Skala prioritas selanjutnya untuk pelaksanaan pajak online adalah wajib pajak yang sudah memiliki akses ke internet. Terkait dengan hal tersebut DPP bekerjasama dengan Bank BRI memasang alat/perangkat yang dapat mencatat data transaksi dari wajib pajak yang disebut Barebone. Setelah diaktifkan alat ini akan terkoneksi dengan data center BRI dan akan mencatat seluruh data yang terinput diwajib pajak. Data transaksi tersebut akan dipakai sebagai dasar penetapan besarnya pajak yang akan dibayar dan dilaporkan oleh wajib pajak. Untuk memonitor payment online Bank BRI tersebut, Dinas Pelayanan Pajak menggunakan sistem CMS (Cash Management System) secara real time. Sistem ini dapat memantau aktivitas online system yang dilakukan oleh Bank BRI.

Dalam rangka menyelesaikan pajak online untuk wajib pajak yang menggunakan alat transaksi manual selain internet, pada ditahun 2015 Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta mengadakan alat pencatat transaksi penjualan bekerjasama dengan Telkomsigma yang merupakan anak perusahaan PT. Telkom. Alat elektronik yang dipasang pada wajib pajak tersebut adalah electronic Point Of Sales (POS). Alat ini terkoneksi langsung dengan server Dinas Pelayanan Pajak. Saat ini pelaksanaan pemasangan perangkat e-POS sudah didistribusian kepada wajib pajak melalui Suku Dinas Pelayanan Pajak dan Unit Pelayanan Pajak Daerah di lima wilayah kota Jakarta.

[caption id="attachment_374882" align="alignleft" width="250"]Alat e-POS yang dioperasikan DPP Alat e-POS yang dioperasikan DPP[/caption]

Di negara Hongaria yang beribukota di Budapest, telah diterapkan pemungutan pajak melalui Online System. Menggunakan mesin elektonik bernama CashCube yang dioperasikan oleh perusahaan T-Systems Hungary. Menggunakan Central System for the Tax Authority (software and hardware) dengan Mobile application for Tax Controllers dan Cloud Services. Pada kesempatan tersebut dipaparkan pula penerapan pemungutan pajak Online yang sudah dilaksanakan di Hongaria.

Sejak 2004, Hongaria terus memperlihatkan pertumbuhan ekonomi yang kuat sebagai salah satu anggota terbaru Uni Eropa. Bersama dengan Slovenia dan Republik Ceko, Hongaria memberikan salah satu standar kehidupan tertinggi di antara negara-negara Eropa Timur. Hongaria mengalami liberalisasi pasar pada tahun 1990-an sebagai bagian dari peralihat sistem ekonomi komunis menjadi sistem ekonomi pasar, senada dengan negara-negara lain yang pernah tergabung dalam Blok Timur. Hongaria termasuk dalam anggota Organisation of Economic Cooperation and Development (OECD) sejak 1995, anggota World Trade Organization (WTO) sejak 1996, dan anggota Uni Eropa sejak 2004.

Sektor swasta mewakili lebih dari 80% dari PDB. Hongaria mendapatkan hampir sepertiga dari semua investasi asing langsung yang mengalir ke Eropa Tengah. Pemilikan asing atas perusahaan-perusahaan Hongaria dan investasinya sangat luas, dengan investasi langsung asing kumulatif mencapai lebih dari 23 miliar dolar AS sejak 1989. Hutang pemerintah Hongaria diupgrade pada 2000 hingga mencapai peringkat kedua tertinggi di antara semua ekonomi transisi Ekonomi Tengah. Inflasi dan pengangguran – keduanya menjadi kepedulian utama dalam 2001 dan telah jauh berkurang. Langkah-langkah pembaruan ekonomi seperti pembaruan pemeliharaan kesehatan, pembaruan pajak, dan pendanaan pemerintahan lokal telah ditangani oleh pemerintahan sekarang.

Hongaria adalah sebuah negara di Eropa timur, mempunyai kantor kedutaan besar di Indonesia yaitu di daerah Kuningan Jakarta dan juga mempunyai kantor konsulat di Bandung, Denpasar, Surabaya dan Yogyakarta.Sekarang Duta Besar. Semoga pertemuan ini dapat membawa hasil yang baik bagi persahabatan antar kedua bangsa. (Pohan/wiki).

[caption id="attachment_375428" align="alignleft" width="250"]Alat Cash Cube Tax Online System dari Hongaria Alat CashCube Tax Online System dari Hongaria[/caption]
Tags:
×