background

Kunjungan Kerja Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Deli Serdang

Pelayanan Terpadu
Diperbaharui: 5 years ago Oleh: Bapenda Dev

Kunjungan Kerja Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Deli Serdang

Kunjungan Dispenda Deli Serdang

Dispenda Kabupaten Deli Serdang pada tanggal 2 Maret 2016 mengadakan Kunjungan Kerja ke Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta. Rombongan tiba pukul 11.00 WIB dan diterima oleh Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi Ibu Erma Sulistianingsih. Maksud dan tujuan dari Kunjungan Kerja ini adalah untuk menggali informasi terkait dengan pengelolaan Pajak Daerah di DKI Jakarta utamanya berkaitan dengan Pajak Bumi dan Bangunan.

Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi menjelaskan mengenai pengelolaan pelimpahan piutang pajak dari Direktorat Jenderal Pajak yang dilakukan oleh Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta yaitu salah satunya dengan cara melakukan cleansing data objek pajak PBB-P2, dimana terdapat kurang lebih 14.000 objek pajak yang merupakan hasil cleansing dengan ketetapan sebesar kurang lebih Rp.1,3 triliun.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di tahun 2016 ini mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 259 tahun 2015 tentang Pembebasan PBB-P2 atas Rumah, Rumah Susun Sederhana Sewa, dan Rumah Susun Sederhana Milik dengan NJOP sampai dengan Rp 1 milliar dengan maksud untuk membantu meringankan beban hidup Wajib Pajak orang pribadi akibat pelambatan ekonomi, khususnya di wilayah DKI Jakarta.

Terkait penagihan aktif terhadap piutang pajak PBB-P2 pelimpahan dari Direktorat Jenderal Pajak, Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta melakukan MoU dengan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Nomor : 2011/-72 dan B-4865/O.1/Gs/08/2015 tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata usaha dalam hal : Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum, Tindakan Hukum Lain, dan Konsultasi Hukum.

Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan di Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta menggunakan sistem database SIM-PBB yang dapat diakses oleh seluruh unit-unit yang berada di bawah Dinas Pelayanan Pajak.

Semoga banyak ilmu dan manfaat yang diperoleh oleh Dispenda Kabupaten Deli Serdang setelah Kunjungan Kerja ini, yang dapat diterapkan dan diaplikasikan untuk kemajuan Kabupaten Deli Serdang. (Jum) Kabupaten Deli Serdang

Tags:
×