background

Kunjungan Kerja Dispenda Kota Pontianak

Pelayanan Terpadu
Diperbaharui: 5 years ago Oleh: Bapenda Dev

Kunjungan Kerja Dispenda Kota Pontianak

[caption id="attachment_295876" align="alignleft" width="200"]Kunjungan Dispenda Pontianak Kunjungan Dispenda Pontianak[/caption]

Kota Pontianak adalah ibukota Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota ini dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Di utara kota ini, tepatnya Siantan, terdapat Tugu Khatulistiwa yang dibangun pada tempat yang dilalui garis khatulistiwa. Selain itu, Kota Pontianak juga dilalui Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia dan Sungai Landak. Sungai Kapuas dan Sungai Landak yang membelah kota menjadi simbol di dalam logo Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 kilometer persegi.

Kota Pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie pada hari Rabu, 23 Oktober 1771 (14 Rajab 1185 H) yang ditandai dengan membuka hutan di persimpangan Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil, dan Sungai Kapuas Besar untuk mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal. Pada tahun 1778 (1192 H), Syarif Abdurrahman dikukuhkan menjadi Sultan Pontianak. Letak pusat pemerintahan ditandai dengan berdirinya Masjid Jami` (kini bernama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman) dan Istana Kadariah yang sekarang terletak di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur (wikipedia).

Program kerja Dispenda Kota Pontianak adalah untuk meningkatan penerimaan pajak daerah yaitu dengan melakukan Intensifikasi Pajak Daerah, melaksanakan Penyempurnaan Administrasi Pajak Daerah, meningkatan Mutu Pegawai serta menyempurnaan Peraturan Pajak Daerah. Untuk Ekstensifikasi Pajak Daerah adalah dengan melakukan Perluasan Wajib Pajak Daerah, Penyempurnaan Tarif Pajak Daerah serta Pengawasan Pajak Daerah (info https://dispenda.pontianakkota.go.id/).

Dispenda Kota Pontianak yaitu dari Bidang Pengawasan, Bidang Informasi dan Bidang Keuangan melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pelayanan Pajak Jakarta untuk mempelajari penerapan Pajak Online yang akan mendukung upaya pemungutan pajak di Kota Pontianak. Diterima Oleh Ibu Erma Kepala Humas DPP dan Bapak Eling dari Bidang Tipda yang menjelaskan tentang sejarah dan perkembangan Online System yang sudah dilaksanakan oleh DPP DKI Jakarta.

[caption id="attachment_295881" align="alignleft" width="200"]Ibu Erma menjelaskan tentang DPP Ibu Erma menjelaskan tentang DPP[/caption]
Tags:
×