background

Pelayanan Samsat Drive Thru Provinsi DKI Jakarta

Pelayanan Terpadu
Diperbaharui: 7 months ago Oleh: Bapenda Dev

Pelayanan Samsat Drive Thru Provinsi DKI Jakarta

Sejalan dengan tujuan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengoptimalkan penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor serta memberikan kemudahan pembayaran bagi Wajib Pajak, maka Bapenda DKI Jakarta menawarkan beberapa pelayanan pembayaran PKB salah satunya melalui Samsat Drive Thru. Layanan Samsat Drive Thru sangat diminati oleh Wajib Pajak, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, hal ini terlihat dari penerimaan PKB yang terus meningkat hingga mencapai + Rp. 6.2 Triliun per tanggal 20/10/2020.

Kemudahan dalam pembayaran serta praktis dalam prosesnya, tanpa harus turun dari kendaraan, dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam transaksinya membuat Samsat Drive Thru merupakan alternatif pilihan bagi Wajib Pajak dalam membayarkan kewajiban Pajak Daerahnya, apalagi ditengah situasi pandemi seperti ini, bahwa protokol kesehatan harus selalu diterapkan dan menjadi prioritas utama.

Samsat Drive Thru merupakan pelayanan pembayaran hasil kerjasama antara Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta, Direktorat Lalu Lintas Polda Metropolitan Jakarta Raya, PT. Bank DKI serta PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang DKI Jakarta.

Dokumen yang harus disiapkan oleh Wajib Pajak dalam layanan Samsat Drive Thru adalah : KTP Asli, STNK Asli, dan BPKB Asli serta menggunakan kendaraan yang akan didaftarkan perpanjangannya. Adapun tata cara dalam pembayaran PKB melalui Samsat Drive Thru yaitu :

  1. Menyerahkan dokumen tersebut ke loket pendaftaran pertama sebagai proses identifikasi dan verifikasi.
  2. Wajib Pajak membawa kendaraan yang akan didaftarkan perpanjangannya ke loket kedua untuk melakukan pembayaran.
  3. Wajib pajak menyerahkan fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) kepada petugas di loket pembayaran.
  4. Jumlah tagihan PKB yang harus dibayar oleh Wajib Pajak dapat diketahui melalui layar Monitor di loket pembayaran.
  5. Wajib Pajak akan diberikan 2 (dua) pilihan dalam pembayaran yaitu melalui pembayaran tunai atau melalui ATM Bank DKI.
  6. STNK dapat diterima oleh Wajib Pajak setelah pembayaran tagihannya diselesaikan.
  7. Pembayaran PKB melalui Samsat Drive Thru berlaku hanya untuk kendaraan yang tidak mempunyai tunggakan PKB lebih dari satu tahun.
 

Alamat Samsat Drive Thru

Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur Jl. DI Panjaitan No. 55 Jakarta Timur 13340

Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Utara-Pusat Kantor Bersama Samsat wilayah Jakarta Utara-Pusat Jl. Gunung Sahari Raya No. 13 Jakarta Utara 14420

Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Selatan Kantor Bersama Samsat Polda Metro Jaya Jl. Gatot Subroto No. 2 Jakarta Selatan 12190

Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Barat Kantor Bersama Samsat Jakarta Barat Jl. Daan Mogot KM. 13 Jakarta Barat 11730

Tags:
×