Pembahasan Penghapusan Piutang PBB

16 September 2016
[caption id="attachment_376631" align="aligncenter" width="512"]Kunjungan DPPKA Kabupaten Sidoarjo Kunjungan DPPKA Kabupaten Sidoarjo[/caption]

Ketua tim kunjungan kerja DPPKA Kabupaten Sidoarjo menyampaikan bahwa Kabupaten Sidoarjo sedang dalam proses pembuatan regulasi tentang tata cara penghapusan piutang pajak daerah dan regulasi PBB-P2 terkait dengan pengurangan PBB untuk lembaga pendidikan, sehingga dirasa perlu bertanya dan melakukan kunjungan kerja ke Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta.

Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kabupaten Sidoarjo melakukan Kunjungan Kerja ke Dinas Pelayanan Pajak dalam rangka konsultasi mengenai penghapusan piutang, Selasa, 6 September 2016.

Kabupaten Sidoarjo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Sidoarjo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kota Surabaya dan Kabupaten Gresik di utara, Selat Madura di timur, Kabupaten Pasuruan di selatan, serta Kabupaten Mojokerto di barat. Bersama dengan Gresik, Sidoarjo merupakan salah satu penyangga utama Kota Surabaya, dan termasuk dalam kawasan Gerbangkertosusila.

Perikanan, industri dan jasa merupakan sektor perekonomian utama Sidoarjo. Selat Madura di sebelah Timur merupakan daerah penghasil perikanan, di antaranya Ikan, Udang, dan Kepiting. Logo Kabupaten menunjukkan bahwa Udang dan Bandeng merupakan komoditi perikanan yang utama kota ini. Sidoarjo dikenal pula dengan sebutan "Kota Petis".

Menerima kunjungan dari DPPKA Sidoarjo adalah Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi dan staf, Unsur Bidang Teknologi Informasi Pajak Daerah dan Unsur Bidang Pengendalian dan Pembinaan Kinerja mewakili DPP DKI.

Pada kesempatan ini dibahas mengenai tahapan penghapusan piutang pajak khususnya piutang pajak PBB yang didaerahkan pada tahun 2013 dan regulasinya, mekanisme pembayaran pajak secara online terkait pengadministrasian keuangan di Kas Daerah dan mekanisme validasi BPHTB. [caption id="attachment_376632" align="aligncenter" width="512"]Ka. Unit PPLI didampingi Bidang Tipda dan Bidang Pengendalian menerima DPPKA Sidoarjo Ka. Unit PPLI didampingi Bidang Tipda dan Bidang Pengendalian menerima DPPKA Sidoarjo[/caption]

Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi menyampaikan hal-hal tentang Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta yakni tentang visi, misi, struktur organisasi, dasar pemungutan dan hubungan koordinasi yang dilakukan Dinas Pelayanan Pajak dengan SKPD Pemprov DKI Jakarta maupun pihak eksternal Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Disampaikan pula informasi mengenai target dan realisasi penerimaan pajak daerah Dinas Pelayanan Pajak DKI Jakarta per tanggal 29 Agustus 2016 dari target pajak sebesar Rp.32.010 Triliun sudah tercapai Rp.21.540 Triliun dengan persentase 67.29%.

Untuk Piutang Pajak, Dinas Pelayanan belum melakukan penghapusan piutang namun sedang dalam proses untuk penghapusbukuan piutang, karena untuk penghapusan piutang ada persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan persetujuan penghapusan piutang.

Dinas Pelayanan Pajak terus melakukan konsultasi dengan BPK terkait langkah-langkah yang dilakukan dengan menerbitkan Instruksi Kepala Dinas Nomor 48/2015 tentang pelaksanaan pemutakhiran objek PBB-P2 Provinsi DKI Jakarta sebagai payung hukum pelaksanaan Cleansing Data PBB-P2 melalui pemeriksaan lapangan dan mengelompokkan dan mengkategorikan hasil pemeriksaan sesuai dengan kode kategori objek PBB-P2.

Dinas Pelayanan Pajak setiap tahun melaksanakan analisis NIR/ZNT sehingga nilai pasar dengan NJOP tidak terpaut jauh dan diharapkan adanya keseimbangan antara harga pasar dengan NJOP yang tentunya akan meningkatkan penerimaan BPHTB.

Petugas melakukan validasi tidak hanya memverifikasi pembayaran namun juga diikuti verifikasi lapangan sehingga didapatkan data yang valid sesuai dengan kondisi di lapangan. Hal ini sebagai upaya mengurangi loss potensi BPHTB. [caption id="attachment_376633" align="aligncenter" width="512"]Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin-Sidoarjo Sentra Kerajinan Kulit Tanggulangin-Sidoarjo[/caption]

Pendapatan dari Pajak Daerah terus digenjot oleh Pemkab Sidoarjo. Disisi lain pendapatan daerah di Sidoarjo banyak didapat dari sektor industri yang berkembang cukup pesat, karena lokasi yang berdekatan dengan pusat bisnis Jawa Timur (Surabaya), dekat dengan Pelabuhan Tanjung Perak maupun Bandara Juanda, memiliki sumber daya manusia yang produktif serta kondisi sosial politik dan keamanan yang relatif stabil menarik minat investor untuk menanamkan modalnya di Sidoarjo.

Industri kecil juga berkembang cukup baik, di antaranya sentra industri kerajinan tas dan koper di Tanggulangin, sentra industri sandal dan sepatu di Wedoro- Waru dan Tebel-Gedangan, sentra industri kerupuk di daerah Telasih-Tulangan. (Pohan/Andri/Suni/Humas Pajak Jakarta)

TAGS: