background

Seminar Jejaring Kehumasan

Pelayanan Terpadu
Diperbaharui: 5 years ago Oleh: Bapenda Dev

Seminar Jejaring Kehumasan

[caption id="attachment_375648" align="aligncenter" width="491"]Bapak Ismail Cawidu, Kepala Pusat Informasi dan Humas Keminfo RI Bapak Ismail Cawidu, Kepala Pusat Informasi dan Humas Keminfo RI[/caption]

Membangun relasi dengan media untuk kerjasama pemberitaan dan program bagi Pemerintah, khususnya bagi Pemerintah Daerah adalah suatu hal yang tidak dapat dihindarkan lagi.

Sekarang ini pemanfaatan media massa untuk membangun citra, menyebarkan gagasan dan informasi harus dilakukan sehingga terbentuk opini dan reputasi yang baik di mata masyarakat. Media massa perlu berita, Pemerintah perlu diberitakan dan masyarakat perlu tahu informasi yang baik dan benar.

Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Diskominfo) menyelenggarakan kegiatan Manajemen Komunikasi Jejaring Kehumasan dengan tema ”Sinergitas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan media dalam mengembangkan komunikasi publik”.

Acara dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2016 dimulai dari jam 08.30, bertempat di ruang Seribu Wajah Blok G lantai 22 Balaikota DKI dan dibuka resmi oleh Kadis Kominfo Bapak Iie Kurnia. Para peserta terdiri dari Staf dari seksi/sub bagian yang sering berhubungan dengan publikasi dan informasi di SKPD-nya. Perwakilan dari Dinas Pelayanan Pajak adalah Sdr. Ridwan Pohan dan Sdr. Andri Maulidi Rijal dari Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi (PPLI) atau Humas DPP.

Sebagai pembicara pertama adalah Bapak Ismail Cawidu, Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang membawakan topik tentang membangun hubungan dengan media. Dari kacamata Humas pemerintah kepada peserta, diberikan pemahaman tentang prinsip membangun hubungan yang harmonis dengan media dan upaya meminimalisir salah tulis atau kutip serta menjawab pertanyaan yang sering muncul dan teknik menghadapi wawancara.

Untuk penyiapan program kerja diberikan cara untuk menyusun program media seperti melalui media gathering, media briefing, media conference, media training, media visit dan media event yang sebaiknya dapat dianggarkan dan disiapkan orang atau person in charge, sehingga dapat fokus dan lebih baik persiapannya.

Sebagai pembicara kedua adalah Ibu Anastasia Warih, Business Director dari Kompas Media yang membawahi liputan di 40 media massa Kompas Group. Beliau menyampaikan dari sisi Public Relation (PR) dimana bagi perusahaan swasta, pencitraan dan pembentukan opini positif adalah penting karena core business-nya adalah selling atau menjual, baik produk maupun jasa.

Bagaimana cara menjalankan fungsi dan peranan Humas, cara membangun citra positif dengan kompetensi dan sinergis dengan tujuan organisasi.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi yang antusias dari para peserta dan dikahiri dengan berfoto bersama.

(Pohan)

[caption id="attachment_375649" align="alignnone" width="361"]Para peserta Seminar Jejaring Kehumasan Para peserta Seminar Jejaring Kehumasan[/caption]
Tags:
×