background

Upacara Peringatan Hari Ibu 2015

Pelayanan Terpadu
Diperbaharui: 5 years ago Oleh: Bapenda Dev

Upacara Peringatan Hari Ibu 2015

[caption id="attachment_338934" align="alignleft" width="200"]Peringatan Hari Ibu 2015 DKI Jakarta Peringatan Hari Ibu 2015 DKI Jakarta[/caption]

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menjadi inspektur upacara dalam upacara Peringatan Hari Ibu yang dilaksanakan di Lapangan Parkir Eks Irti Monas, Jakarta Pusat, membacakan pidato Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia Yohana Susana Yembise (Selasa, 22/12/2015) .

Dalam pidato Menteri Yohana yang dibacakannya, Gubernur bercerita tentang peringatan hari ibu yang dijadikan hari nasional untuk menghargai jasa perempuan. Pasalnya, perempuan telah ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia bersama kaum laki-laki. "Semangat yang dilahirkan para perempuan telah mengilhami terciptanya kesamaan hak dan kedudukannya,". Gubernur juga mengatakan bahwa perempuan harus setara dengan laki-laki. Baik dalam kesetaraan akses terhadap pemerintahan dan juga proses pengambilan keputusan.

Pada upacara ini, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) DKI menjadi pesertanya. Upacara ini sekaligus dijadikan momen untuk memberikan penghargaan kepada pegawai terbaik.  Di Indonesia, Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember. Hari tersebut ditetapkan sebagai perayaan nasional. Penetapan tanggal tersebut berdasarkan atas pelaksanaan Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung 1938. Kongres tersebut memutuskan tanggal 22 Desember setiap tahun dijadikan sebagai Hari Ibu dan dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Dekrit Presiden No. 316 thn. 1953, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling memberikan hadiah kepada Ibu dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai Kebaya. Selamat Hari Ibu 2015, Terima kasih para Ibu-ibu hebat diseluruh Jakarta. (Phn).

Tags:
×