background

Website DPP Dipelajari Dispenda Kalimantan Selatan

Pelayanan Terpadu
Diperbaharui: 4 years ago Oleh: Bapenda Dev

Website DPP Dipelajari Dispenda Kalimantan Selatan

[caption id="attachment_376926" align="aligncenter" width="512"]Kunjungan Dispenda Kalimantan Selatan Kunjungan Dispenda Kalimantan Selatan[/caption]

Dalam rangka mencari informasi dan masukan tentang dokumentasi dan publikasi khususnya terkait dengan pengelolaan website, Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan melakukan Kunjungan Kerja ke Dinas Pelayanan Pajak Provinsi DKI Jakarta pada hari Kamis, 27 Oktober 2016 sebanyak 5 orang dari Subbag Program Sekretariat Dispenda Kalsel.

Melihat pengelolaan website Dinas Pelayanan Pajak Jakarta yang sudah cukup bagus dan atraktif serta melakukan publikasi lewat media sosial, maka Kadispenda Kalsel memerintahkan Subbag Program untuk datang ke DPP dan mempelajari pengelolaan website.

Pada kesempatan ini Kepala Unit PPLI mewakili Kepala DPP DKI menerima rombongan dan menyampaikan mengenai visi, misi, struktur organisasi, dan hubungan koordinasi yang dilakukan Dinas Pelayanan Pajak dengan SKPD Pemprov DKI Jakarta maupun pihak luar Pemprov DKI Jakarta dan rencana perubahan organisasi Dinas Pelayanan Pajak menjadi Badan.

Dinas Pelayanan Pajak telah mempunyai Media Publikasi Dinas Pelayanan Pajak (DPP) yang dibuat dan dirawat oleh Bidang Tipda DPP dan dikelola oleh Unit PPLI atau Humas DPP kepada masyarakat dan Wajib Pajak secara resmi melalui 3 channel yaitu: A. Internet dan Media Sosial: 1. Website berita DPP: dpp.jakarta.go.id 2. Facebook: Humas Pajak Jakarta 3. Twitter: @humaspajakjkt 4. Instagram: Humas Pajak Jakarta 5. Pinterest: Humaspajakjkt 6. Youtube channel: Humas Pajak Jakarta 7. Google +: Humas Pajak Jakarta 8. Email konsultasi pajak daerah di: upt.humasdpp@gmail.com 9. Portal Internal DPP: Forum Komunikasi > Official > Humas 10. Open Data DPP di jakarta.go.id dan ppid.jakarta.go.id 11. Pemberitaan rutin di beritajakarta.com 12. Press Release lewat media online nasional B. Pelayanan Langsung di Balai Dinas 13. Call Center sementara di nomor telepon: 0213865629, 0213865580-85 ext. 5036 & 5037 14. Faximile Humas DPP: 0213865765 15. Pusat Layanan Informasi Pajak Daerah, di Lantai 1 Balai Dinas 16. Sosialisasi visual elektronik di Videotron Dinas dan swasta juga Billboard yang bisa digunakan C. Media Cetak 17. Berita tentang Pajak Daerah di media cetak nasional 18. Spanduk 19. Leaflet 20. Brosur 21. Standing Banner 22. Table Banner [caption id="attachment_376928" align="aligncenter" width="384"]Media Publikasi DPP Media Publikasi DPP[/caption]

Social Media dimainkan orang setiap hari dan dapat digunakan melalui internet, gratis, bersifat mobile dan easy to share, dapat menggunakan foto yang ada menjadi sumber informasi berita dan data di media sosial sehingga dapat saling terintegrasi.

Website dapat menjadi “complete station” tempat memberikan informasi statis (profil unit, definisi, alamat unit-unit, tata cara dll) serta informasi dinamis (berita, download SK, pengembangan lain) bagi stakeholders yakni Wajib Pajak dan masyarakat.

Membuat website dapat dengan cara berlangganan atau menggunakan fasilitas portal website yang ada.

Alternatif website gratis gunakan Apps yang sudah ada seperti wordpress dan blogspot (google).

Cara mengisi website dengan menu berbentuk kolom bahasan dan siapkan informasi yang bisa di-download dengan format pdf dan jpeg. Siapkan pula gambar dengan attach media (picture dan video).

Untuk membuat artikel, dapat menggunakan ms-word terlebih dahulu, artikel dari whats app (gunakan web.whatsapp agar memudahkan pemindahan data) juga dapat mengambil bahan dari internet. Gunakan word converter untuk file pdf agar mudah dalam meng-edit tulisan.

Cara mencari berita adalah dengan Informasi langsung ke lapangan, share foto dari kontributor, melalui WA Messenger/WA Group, melalui Internet atau meng-edit informasi dari dinas yang sudah ada.

Pemberitaan sebaiknya bersifat one way direction, jangan bersikap opini dan muatlah berita yang positif dan baik.

Setelah paparan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab. Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dan berfoto bersama.

Semoga sedikit sharing dari DPP DKI dapat menjadi masukan pengkayaan website Dispenda Kalimantan Selatan. (Phn/Humas Pajak Jakarta) [caption id="attachment_376927" align="aligncenter" width="512"]Paparan tentang Website DPP bagi Dispenda Kalsel Paparan tentang Website DPP bagi Dispenda Kalsel[/caption]

Tags:
×