background

Daftar Berita

Pencarian :
Kategori :
Pelayanan Pajak Daerah di Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Pasar Minggu
31 Oct 2018
Pelayanan Terpadu

Pelayanan Pajak Daerah di Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Pasar Minggu

24 Oktober 2018. Jakarta - Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Pasar Minggu yang beralamat di Jl. Siaga Raya No 25, Kecamatan Pasar Minggu, pada hari Rabu 24 Oktober 2018 telah melayani dan menerima kurang lebih 17 wajib pajak. Menurut petugas UPPRD Pasar Minggu pada bulan Oktober ini hanya terdapat sekitar 30 wajib pajak yang melunasi utang pajaknya karena masih terdapat hambatan dalam melakukan penagihan ke wajib pajak di wilayah Pasar Minggu, "Kendala dalam penagihan pajak itu sendiri karena ketidaktahuan masyarakat terkait informasi pajak dan mekanisme terkait pajak yang harus dibayarkan seperti, Pajak Kendaraan Bermotor, Pajak Hiburan, PBB - P2, Pajak Reklame, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, Pajak Hotel, BPHTB dan Pajak Restoran." terang Petugas UPPRD Pasar Minggu. Menurut salah satu wajib pajak bernama Melia, "pelayanan yang diberikan UPPRD Pasar Minggu sangat baik dan cepat apalagi terkait validasi pajak BPHTB, biasanya di wilayah lain jangka waktunya sekitar satu minggu, sedangkan di UPPRD Pasar Minggu sebelum satu minggu sudah selesai." (Digdo/Humas Pajak)

Selengkapnya
Pemasangan Segel Pada Objek Pajak Air Tanah di Wilayah Kebon Jeruk.
30 Oct 2018
Pelayanan Terpadu

Pemasangan Segel Pada Objek Pajak Air Tanah di Wilayah Kebon Jeruk.

23 Oktober 2018. Jakarta - Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pajak Air Tanah dinyatakan bahwa pengendalian dan pengawasan atas pengambilan dan pemanfaatan air tanah dapat dilakukan dengan cara memasang alat segel pajak dan melakukan pendataan pada setiap alat meter air yang digunakan wajib pajak. Pengawasan dan pengendalian pemanfaatan air tanah selain dilakukan oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta juga dibantu oleh Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta. Pada hari Selasa, 23 Oktober 2018, Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Kebon Jeruk telah melakukan pemasangan alat segel Pajak Air Tanah. "Pemasangan alat segel pada mesin pompa air tanah ini dibantu dengan pihak dari Dinas Perindustrian dan Energi." ucap petugas UPPRD Kebon Jeruk. Menurut Widiastuti, selaku Kepala UPPRD Kebon Jeruk, "Pemasangan alat segel pada objek pajak air tanah ini telah sesuai dengan peraturan yang berlaku, pada hari ini kami menyegel pompa air tanah milik suatu Perseroan Terbatas, PT. Mawa Rasa Suka karena berdasarkan Peraturan Daerah yang berlaku, pihak-pihak yang melakukan pengambilan atau pemanfaatan air tanah wajib memperoleh Izin Pemanfaatan Air Tanah terlebih dulu." (Digdo/UPPLI)

Selengkapnya
Pendataan Objek Pajak Restoran di Kecamatan Grogol Petamburan.
29 Oct 2018
Pelayanan Terpadu

Pendataan Objek Pajak Restoran di Kecamatan Grogol Petamburan.

26 Oktober 2018 Jakarta - Pendataan pajak merupakan suatu kegiatan penghimpunan data objek pajak dan data subjek pajak. Data objek pajak itu sendiri terdiri dari data alamat objek dan nama objek. Sedangkan data subjek pajak adalah data yang berkaitan dengan data identitas diri dari pemilik objek pajak. Selama beberapa pekan ini, Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Grogol Petamburan yang beralamat di Jl. Gelong Baru No. 17, Tomang, Grogol Petamburan, Jakarta Barat aktif melakukan pendataan objek pajak restoran. Dimulai sejak pagi hari, pendataan objek pajak restoran dilakukan bersama beberapa petugas UPPRD Grogol Petamburan. "Wajib pajak restoran yang kita datangi untuk dilakukan pendataan sejauh ini kooperatif, namun karena kedatangan kami menggunakan rompi seragam maka menjadi perhatian masyarakat sekitar restoran." kata petugas UPPRD Grogol Petamburan. Seperti terlihat di beberapa gambar, Kepala UPPRD Grogol Petamburan, Dedyanto, turut terjun langsung ke lapangan melakukan pendataan objek pajak restoran. Beberapa di antaranya adalah objek Restoran Pempek Bunga Mas dan Pisang Goreng Bu Nanik. "Saat ini penerimaan pajak restoran di UPPRD Grogol Petamburan sudah mencapai 68 % dari target, kami optimis dengan kegiatan pendataan ini dapat meningkatkan penerimaan pajak restoran di kemudian hari." ujar Dedyanto. (Digdo Prakoso/Humas Pajak)

Selengkapnya
Luncurkan Contact Center, BPRD DKI Jakarta Permudah Masyarakat Bayar Pajak
26 Oct 2018
Pelayanan Terpadu

Luncurkan Contact Center, BPRD DKI Jakarta Permudah Masyarakat Bayar Pajak

[caption id="attachment_379351" align="aligncenter" width="800"] Halo Pajak Jakarta 0804 1 222 773[/caption] Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta meluncurkan layanan contact center "Halo Pajak Jakarta" guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Layanan Contact center ini diluncurkan pada hari Jum`at, 26 Oktober 2018 bertempat di Ruang Contact Centre BPRD Lantai 15, Gedung Dinas Teknis Abdul Muis Jakarta Pusat. Plt Kepala BPRD DKI Jakarta, Faisal Syafruddin mengatakan layanan contact center ini nantinya akan menjadi pusat interaksi pelayanan antara masyarakat dan BPRD Jakarta. "Contact Center difungsikan untuk mempermudah akses informasi oleh masyarakat. Sekarang, masyarakat bisa menanyakan informasi dan menyampaikan keluhan melalui contact center ini tanpa harus jauh-jauh mengunjungi kami," tutur Faisal. Faisal juga berharap contact center ini akan lebih berkembang dan adaptif mengikuti kemajuan zaman dan kemauan wajib pajak. [caption id="attachment_379354" align="aligncenter" width="600"] Peresmian Contact Center BPRD 0804 1 222 773[/caption] Terakhir, Faisal menekankan layanan contact center "Halo Pajak Jakarta" ini dapat menjadi kebanggan layanan pajak daerah dan masyarakat dapat terlayani dengan baik. [caption id="attachment_379352" align="alignleft" width="600"] Silahkan hubungi nomor kami[/caption] "Tentu kami berharap layanan contact center melayani wajib pajak dengan baik, ini bisa berkontribusi nyata dalam peningkatan penerimaan pajak dan retribusi daerah di DKI Jakarta," tutupnya. Untuk menggunakan layanan call center "Halo Pajak Jakarta", masyarakat bisa menghubungi nomor telepon 0804 1222 773. Selain melalui itu, masyarakat juga bisa menghubungi BPRD melalui layanan media sosial seperti E-mail, Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial BPRD lainnya. Untuk menggunakan layanan contact center "Halo Pajak Jakarta", masyarakat bisa menghubungi nomor telepon 0804 1222 773. Untuk hari senin hingga jumat, pelayanan contact center beroperasi dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sedangkan untuk hari sabtu beroperasi dari Pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Selain melalui layanan call center, masyarakat juga bisa menghubungi BPRD melalui layanan media sosial seperti E-mail, Facebook, Twitter, Instagram dan media sosial BPRD lainnya. "Semoga layanan contact center ini bisa terus berinovasi menyesuaikan dengan kebutuhan wajib pajak serta perkembangan komunikasi. Kami akan terus upayakan peningkatan kualitas layanan melalui koordinasi intensif dengan bidang-bidang di BPRD dan unit Suban, Samsat dan UPPRD di wilayah," lanjutnya. (Humas Pajak Jakarta)

Selengkapnya
Pendataan dan Penertiban Objek Pajak Daerah di Wilayah Kecamatan Kembangan
25 Oct 2018
Pelayanan Terpadu

Pendataan dan Penertiban Objek Pajak Daerah di Wilayah Kecamatan Kembangan

25 Oktober 2018. Dimulai sejak beberapa pekan yang lalu, Unit Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Kembangan (UPPRD Kembangan) terus melakukan pendataan dan penertiban bagi beberapa objek pajak daerah secara intensif. Pendataan dan penertiban ini dilakukan terhadap beberapa objek Pajak Hotel (rumah kos), objek Pajak Restoran dan objek Pajak Reklame. Menurut Posman Sitorus selaku Kepala UPPRD Kembangan, kegiatan pendataan ini perlu persiapan terlebih dahulu agar berjalan efektif, antara lain: 1. Memberikan surat resmi perihal kegiatan pendataan objek pajak ini. 2. Pada saat pendataan di lapangan wajib pajak sekaligus diberikan surat undangan ke UPPRD agar wajib pajak mengetahui hasil analisa pendataan UPPRD Kembangan. "Kegiatan pendataan objek pajak dilakukan tidak hanya kepada satu jenis objek pajak saja, mengingat di lapangan sering dijumpai beberapa jenis objek pajak daerah lainnya, seperti apabila saat kami mendata objek restoran disaat bersamaan kami menemukan reklame yang belum terdaftar, maka saat itu juga kami menyampaikan surat himbauan agar wajib pajak mendaftarkan reklamenya." kata Posman. "Bagi kegiatan penertiban, kami melakukan penempelan stiker-stiker di lokasi objek pajak, stiker ini tertulis yang pada intinya menyatakan bahwa wajib pajak belum melunasi kewajiban pajak daerahnya". ujar Posman. Terakhir, menurut Posman, UPPRD Kembangan mempunyai strategi dan cara pendekatan kepada wajib pajak dalam melakukan pendataan dan penertiban objek-objek pajak, seperti: 1. Jangan lupa petugas UPPRD membawa kartu identitas dan surat tugas dari pimpinan. 2. Mobil operasional ditempatkan di tempat-tempat yang mudah dilihat orang agar identitas petugas yang melakukan penertiban ini dapat dengan mudah dikenali oleh masyarakat. 3. Upayakan menggunakan pendekatan-pendekatan persuasif termasuk ujaran kata-kata yang sopan dan tidak mengandung unsur kekerasan. 4. Jangan memaksakan atau mengambil tindakan-tindakan yang dianggap berbahaya. (Digdo Prakoso/Humas)

Selengkapnya
Gerai SAMSAT Kecamatan Kemayoran Tutup Sementara
25 Oct 2018
Pelayanan Terpadu

Gerai SAMSAT Kecamatan Kemayoran Tutup Sementara

24 Oktober 2018. Jakarta - Mulai tanggal 23 Oktober 2018, tepat pada hari Selasa, pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan pengesahan STNK yang berada di Gerai SAMSAT Kantor Kecamatan Kemayoran ditutup sementara. Gerai yang berada di Jl. Serdang III No.1 Kemayoran ini pada hari biasanya mulai beroperasi sejak pukul 08.00 s.d. pukul 14.00 WIB. Menurut keterangan petugas SAMSAT Jakarta Pusat, penutupan ini hanya bersifat sementara karena adanya renovasi pada bangunan gedung. Penutupan layanan ini berlaku sampai dengan bulan Januari 2019 nanti. Bagi wajib pajak atau warga yang berada di wilayah Kemayoran dan sekitarnya yang akan melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor maka dapat langsung mengunjungi Kantor SAMSAT Jakarta Pusat yang beralamat di Jl. Gunung Sahari No. 13 Jakarta. (Digdo Prakoso/Humas)

Selengkapnya
×