• Beranda
  • Berita
  • Bapenda DKI Adakan Pelatihan In House Training Juru Sita Pajak Daerah Tahun 2023

Bapenda DKI Adakan Pelatihan In House Training Juru Sita Pajak Daerah Tahun 2023

02 Oktober 2023

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) DKI Jakarta menggelar Pelatihan In House Training bagi para Juru Sita Pajak Daerah dalam rangka meningkatkan kualitas dan kompetensi petugas yang bertugas memberikan pelayanan yang baik dan efisien kepada masyarakat. Pelatihan ini merupakan salah satu upaya Bapenda untuk meningkatkan peningkatan dan keterampilan para juru sita pajak dalam menjalankan tugas mereka.

Pelatihan In House Training Juru Sita Pajak Daerah ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Senin hingga Selasa, tanggal 02 hingga 03 Oktober 2023, dan berlangsung di Executive Lounge lantai 16 gedung dinas teknis Abdul Muis. Acara pelatihan ini diikuti oleh 55 pegawai negeri sipil Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta.

Pada hari pertama pelatihan, peserta diberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek penagihan pajak, termasuk overview penagihan pajak, regulasi dan pelaksanaan pemblokiran rekening kekayaan wajib pajak yang tersimpan di bank, serta sharing discussion mengenai tugas, fungsi, kedudukan, dan wewenang Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam pelaksanaan pemblokiran rekening wajib pajak.

Selanjutnya, pada hari kedua, pelatihan fokus pada prosedur dan pelaksanaan lelang barang sitaan oleh juru sita pajak daerah, penilaian barang sitaan, serta sharing discussion mengenai sinergitas antara Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Bapenda DKI Jakarta dalam rangka optimalisasi pajak daerah. Peserta juga dibekali dengan pemahaman tentang tinjauan regulasi, sumber daya manusia, sistem informasi, serta struktur organisasi, dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Berita Terkait : Tingkatkan Kapasitas, Bapenda DKI Jakarta adakan Diklat Penyidik Pajak

Dengan diselenggarakannya Pelatihan In House Training ini, diharapkan para Juru Sita Pajak Daerah DKI Jakarta akan lebih siap dan kompeten dalam menjalankan tugas mereka dalam hal penagihan pajak dan pemulihan kekayaan wajib pajak. Hal ini akan berkontribusi positif terhadap pendapatan daerah, serta mendorong pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. Bapenda DKI Jakarta terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme pegawai negeri sipilnya demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.