background

Daftar Berita

Pencarian :
Kategori :
Penyuluhan Pajak Restoran Bagi Pelaku UMKM Restoran di Kecamatan Mampang Prapatan
2 years ago
Pelayanan Terpadu

Penyuluhan Pajak Restoran Bagi Pelaku UMKM Restoran di Kecamatan Mampang Prapatan

29 November 2018 Jakarta - Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Mampang Prapatan, Jl. Mampang Prapatan XIII, Jakarta Selatan, Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta (UPPLI BPRD) melakukan penyuluhan pajak restoran. Kegiatan penyuluhan ini dimulai pada pukul 14.00 sampai dengan pukul 17.00 sore. Acara penyuluhan dibuka oleh Sekretaris Camat Mampang Prapatan dan diikuti oleh kurang lebih 100 peserta UMKM Restoran. "Sore ini kami datang sebagai narasumber atas undangan anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta." kata Hayatina, Kepala UPPLI. "Peserta penyuluhan sore ini kebanyakan berasal dari pengusaha makanan minuman dari kalangan usaha kecil menengah (UKM) di wilayah Jakarta Selatan." terangnya. "Mereka belum memahami cara pendaftaran objek restorannya, oleh karenanya kami jelaskan mekanisme pendaftaran pajak restoran. Kami juga jelaskan secara rinci tentang isi Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2011 tentang Pajak Restoran." ujar Hayatina. Menurut Hayatina, Kepala UPPLI BPRD DKI Jakarta, "Pengusaha UMKM Restoran ini juga belum mengetahui adanya batasan omzet usaha makanan dan minuman minimal 200 juta rupiah dalam setahun untuk penetapan sebagai wajib pajak, tadi juga kami jelaskan bahwa tren saat ini, pemesanan makanan dan minuman menggunakan media online juga merupakan objek pajak restoran, jadi penjual makanan dan minuman wajib memungut pajak restorannya kepada konsumennya." (Digdo/Humas Pajak)

Selengkapnya
Penyuluhan 13 Jenis Pajak Daerah di Wilayah Kota Jakarta Timur
2 years ago
Pelayanan Terpadu

Penyuluhan 13 Jenis Pajak Daerah di Wilayah Kota Jakarta Timur

Jakarta - Pada Kamis, 29 November 2018 pukul 08.00 WIB bertempat di Aula Gedung Kantor Walikota Jakarta Timur Jl. Dr. Sumarno, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur dilaksanakan penyuluhan tentang pajak daerah. Penyuluhan pajak daerah ini diselenggarakan atas kerjasama Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Jakarta Timur dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Narasumber yang hadir dalam acara penyuluhan ialah Kepala Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta (UPPLI BPRD) dan pihak dari Bidang Teknologi Informasi Pajak Daerah. "Penyuluhan hari ini diselenggarakan dengan mengundang para ketua RT, ketua RW, lembaga masyarakat kota Jakarta Timur, tokoh masyarakat, lurah, camat di wilayah Jakarta Timur dan juga dari asosiasi perusahaan jasaboga Indonesia (APJI) serta dari perhimpunan hotel dan restoran Indonesia (PHRI) agar mereka dapat memahami hal - hal mengenai pajak daerah." ujar Djohari, Kepala Suku Badan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur. "Pada sesi tanya jawab dalam acara ini juga merupakan salah satu cara kami untuk mengetahui permasalahan-permasalahan pajak daerah yang kerap terjadi di lingkungan RT dan RW dan hal itu akan saya jelaskan sendiri secara langsung jawaban terhadap permasalahan-permasalahan tersebut." ujarnya. Menurut Hayatina, Kepala UPPLI, "Penyuluhan hari ini akan memperkenalkan terlebih dahulu struktur organisasi Badan Pajak & Retribusi Daerah mulai dari tingkat provinsi sampai dengan Unit Pelayanan Pajak & Retribusi di tingkat kecamatan, kemudian akan kami jelaskan secara rinci mengenai 13 jenis pajak daerah dan juga cara pembayarannya." "Khusus penjelasan mengenai pajak online kami dibantu narasumber dari Bidang Teknologi Informasi Pajak Daerah." tutur Hayatina. Penyuluhan pajak ini diakhiri sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan durasi selama 90 menit untuk sesi tanya jawab, antusiasme warga mempertanyakan berbagai permasalahan pajak mereka terlihat dari lamanya durasi waktu pada sesi tanya jawab ini. (Digdo/Humas Pajak)

Selengkapnya
Samsat Jakarta Barat Melakukan Razia Kendaraan Bermotor Hari Ke-4 di Jl. Lingkar Luar Puri Kembangan
2 years ago
Pelayanan Terpadu

Samsat Jakarta Barat Melakukan Razia Kendaraan Bermotor Hari Ke-4 di Jl. Lingkar Luar Puri Kembangan

Jakarta - Hari keempat razia kendaraan bermotor yang dilaksanakan pada Hari Senin, 26 November 2018 oleh Samsat Jakarta Barat bersama dengan Satlantas Polresta Jakarta Barat berada di titik lokasi Jl. Lingkar luar Puri Kembangan Jakarta Barat. Seperti razia sebelumnya, Apel pagi razia kali ini dilakukan disekitar badan jalan lokasi pelaksanaan razia. Turut serta langsung dalam kegiatan razia, Kepala Samsat Jakarta Barat dan Wakasatlantas Polresta Jakarta Barat. "Titik lokasi razia kali ini berada di depan Rumah Makan Talaga Sampiruen Puri Kembangan. Razia hari ini hanya sampai pukul 11.00 WIB, hal ini disebabkan hujan deras disekitar lokasi razia." tutur Elling Hartono selaku Kepala Samsat Jakarta Barat. Menurut Elling, "razia baru berlangsung 45 menit dan kemudian diguyur hujan deras, penerimaan pajak kendaraan bermotor pada kegiatan razia hari ini mencapai 9,8 juta rupiah." (Digdo Prakoso/Humas Pajak)

Selengkapnya
Razia Kendaraan Samsat Jakarta Barat Hari Ketiga Menambah 70 Juta Rupiah Pajak Kendaraan
2 years ago
Pelayanan Terpadu

Razia Kendaraan Samsat Jakarta Barat Hari Ketiga Menambah 70 Juta Rupiah Pajak Kendaraan

23 November 2018 Jakarta - Hari ketiga razia gabungan kendaraan bermotor di wilayah Jakarta Barat dilakukan pada hari Jumat, 23 November 2018, tepat di depan Kantor Samsat Jakarta Barat. "Kegiatan ini dimulai dengan apel pagi bersama jajaran Satlantas Polresta Jakarta Barat." ujar Elling, Kepala Samsat Jakarta Barat. "Razia hari ketiga ini berjalan lebih efektif, meningkat jika dibandingkan razia pertama dan kedua kemarin, dengan penerimaan pajak kendaraan hari ini sejumlah Rp.70.934.000. "Total penerimaan dari razia hari pertama dan hari kedua kami kemarin mencapai 113 juta rupiah."kata Elling. "Kami hari ini menangkap mobil sedan Mercedez Benz yang menunggak pajak 3 tahun dengan total tunggakan pajaknya sampai 55 juta rupiah." ucap Kepala Samsat Jakarta Barat. Menurut informasi Elling, "Razia gabungan ini akan kami lakukan secara intensif dalam kurun waktu sebulan ke depan, dengan pelaksanaan setiap hari Senin, Rabu dan Jumat." (Digdo/Humas Pajak)

Selengkapnya
Penyuluhan Pajak Hotel Bagi Pemilik Rumah Kos di Kecamatan Pasar Minggu
2 years ago
Pelayanan Terpadu

Penyuluhan Pajak Hotel Bagi Pemilik Rumah Kos di Kecamatan Pasar Minggu

22 November 2018 Jakarta - Bertempat di Kantor Kelurahan Pejaten Barat Kecamatan Pasar Minggu, Unit Pelayanan Pajak & Retribusi Daerah Pasar Minggu (UPPRD Pasar Minggu) mengadakan penyuluhan mengenai pajak hotel bagi pemilik kos yang berada di wilayah Kecamatan Pasar Minggu. Penyuluhan pajak ini dimulai sejak pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB. Menurut Zulfikar, Kepala UPPRD Pasar Minggu, "Penyuluhan ini dibantu oleh Unit Pelayanan Penyuluhan dan Layanan Informasi (UPPLI BPRD DKI Jakarta) dan dari pihak PTSP Kecamatan Pasar Minggu sebagai narasumber." "Penyuluhan hari ini dimaksudkan agar para pemilik kos di atas 10 kamar ini mengerti bahwa praktik usaha mereka itu merupakan objek pajak hotel yang dikenakan tarif pajak sebesar 10%."Para pemilik kos di sini belum banyak yang mengetahui perihal kewajiban pajak tersebut." ujar Zulfikar. "Peserta penyuluhan hari ini akan kami berikan surat pendaftaran objek pajak daerah (SPOPD) untuk diisi secara lengkap data subjek dan data objeknya."kata Kepala UPPRD Pasar Minggu. "Target pajak hotel di UPPRD Pasar Minggu adalah sebesar Rp.11.613.000.000, dan hingga hari ini telah mencapai realisasi sebesar 83,75%. Hasil pendataan di 7 kelurahan di wilayah Kecamatan Pasar Minggu ini terdapat 150 wajib pajak rumah kos potensial, dengan jumlah wajib pajak terbanyak berada di wilayah Kelurahan Ragunan dan Kelurahan Jati Padang."ucap Zulfikar. (Humas Pajak/Digdo Prakoso)

Selengkapnya
Penyuluhan Pajak Bumi & Bangunan di Kelurahan Jatinegara Kaum Kecamatan Pulo Gadung
2 years ago
Pelayanan Terpadu

Penyuluhan Pajak Bumi & Bangunan di Kelurahan Jatinegara Kaum Kecamatan Pulo Gadung

Jakarta - Aparatur Kelurahan Jatinegara Kaum bersama dengan Unit Pelayanan Penyuluhan & Layanan Informasi (UPPLI BPRD DKI Jakarta) mengadakan penyuluhan mengenai Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan bagi warga yang akan mengikuti program pendaftaran tanah sistematik dan lengkap (PTSL). Kegiatan penyuluhan ini diadakan pada hari Rabu, 21 November 2018 pada pukul 19.00 s.d. 21.30 WIB bertempat di Kantor Kelurahan Jatinegara Kaum Jl. TB. Badaruddin, Tanah Koja, Pulo Gadung. "Pada malam ini saya mengundang pihak dari Humas BPRD DKI Jakarta dan pihak Kantor Pertanahan Jakarta Timur sebagai narasumber, agar perwakilan warga yaitu para Ketua RW dan Ketua RT dapat langsung memahami dan bertanya langsung mengenai hal-hal yang berkaitan dengan PBB-P2 dan pendaftaran tanah" ujar Darsito, Lurah Jatinegara Kaum. "Dalam kesempatan ini saya juga berikan apresiasi kepada para ketua RW dan ketua RT di lingkungan Kelurahan Jatinegara Kaum yang telah aktif menghimbau warga untuk taat bayar pajak, karena hingga hari ini penerimaan PBB di wilayah Kelurahan Jatinegara Kaum telah mencapai 106 %." kata Darsito. "Penyuluhan pada malam hari ini dilakukan atas permintaan warga, karena kebetulan para Ketua RT dan Ketua RW ingin mendapatkan pemahaman langsung mengenai Pajak Bumi dan Bangunan, sedangkan apabila penyuluhan dilakukan pagi atau siang hari mereka sedang menjalankan aktivitas pekerjaan sehari-hari." terang Hayatina, Kepala UPPLI BPRD DKI Jakarta. "Malam ini kami sampaikan kepada warga mengenai tata cara pendaftaran objek PBB, perubahan data objek dan subjek PBB, kelas tarif PBB, mekanisme pemecahan nomor objek pajak, hingga insentif bagi para wajib pajak seperti pemberian pengurangan, keringanan dan pembebasan PBB, juga kami sampaikan informasi kepada warga bahwa sejak tanggal 15 November 2018 s.d 15 Desember 2018 terdapat program penghapusan sanksi keterlambatan pembayaran PBB untuk tahun pajak 2018 ke bawah. Warga sangat antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari warga terkait dengan PBB."ujarnya. (Digdo/Humas Pajak)

Selengkapnya
×